Belajar Machine Learning Online Class#1: Untuk Pemula

Kita sudah memasuki era industri ke 4.0 dan seharusnya juga society ke 5.0 (jika memakai istilah Jepang) [1] dimana salah satu teknologi yang paling pesat berkembang adalah kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari AI adalah Machine learning. Machine learning dapat diartikan sebagai aplikasi AI yang memungkinkan sistem untuk mempunyai kemampuan belajar secara otomatis dan meningkatkan dari pengalaman tanpa diprogram secara eksplisit [2,3].

Jika betul-betul ingin mempelajari, mengembangkan dan mengaplikasikan Machine learning sendiri sebenarnya perlu basis matematika teknik yang cukup kuat. Tapi, untuk para pemula, basis matematika dan statistika yang kuat terkadang menjadi penghalang/barier yang sangat kuat dan cenderung menjadi momok untuk mempelajari machine learning. Di sisi lain, di kehidupan mendatang, machine learning tidak bisa dipisahkan dari bidang manapun dan menjadi salah satu tool yang sangat berguna untuk brekreasi [4].

Beberapa lembaga mencoba mengatasi gap antara pemula dan aplikasi machine learning yang sudah advanced dengan cara membuat kelas online. Sehingga, peserta kelas online bisa belajar dari level pemula sampai menjadi expert atau orang yang siap belajar sendiri. Kelas online ini ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Untuk yang  gratis, bisa diklasifikasikan menjadi dua grup, yaitu yang mendapat sertifikat secara gratis (1) atau berbayar (2). Jenis (1) berarti kita bisa datang ke kelas dan jika berhasil menyelesaikan sampai level tertentu akan mendapatkan suatu pengakuan seperti cognitiveclass.ai. Jenis (2) mempunyai kesamaan dalam hal bebas biaya ketika datang kelas, tapi membayar jika ingin mendapat sertifikat seperti www.edx.org.

Machine Learning By mohamed_hassan in Pixabay

Artikel ini hanya akan membahas tentag cognitiveclass.ai. Cognitive class bekerja sama dengan IBM Initiatives telah bekerja sama membuat beberapa kelas online dan sertifikat atau lencana online nya pun ada logo IBM yang menjadi daya tarik tersendiri. Mereka menawarkan tidak hanya ilmu pengetahuan yang kita serap tapi juga sertifikat dan lencana yang bisa kita pajang di beranda linkedin atau beranda web kita. https://cognitiveclass.ai/Cognitive.ai mempunyai beberapa pilihan jalur belajar yang cukup menarik contohnya deep learning, Big data fundamentals, dll. 

Tema machine learning sendiri bisa dikatakan ada beberapa alternative path, di antaranya adalah  deep learning, Text Analytics, dll. Sedangkan, untuk course nya sendiri, ada dua yang bagus untuk para pemula, yaitu machine learning dengan python dan machine learning dengan R.



Online Class by Lean Forward If 


1. Machine learning with Python
Python OS X Icon by jivid321
a. Pre requisite

Sebelum memasuki kuliah machine learning dengan python, peserta kelas lebih baik menyelesaikan kuliah pre-requisite terlebih dahulu. Kuliah yang dimaksud adalah Python Programming for Data Scientist.

Ini adalah pertama kalinya saya mempelajari pemrograman Python. Cukup menarik dan mudah dimengerti selama Anda sudah belajar bahasa pemrograman lainnya. Untuk diri saya sendiri, saya sudah belajar dan mengalami tentang pemrograman Matlab dan juga tahu bahasa lain, seperti C ++. 

Pengetahuan yang baik, saya yakin sangat banyak bahwa itu akan bermanfaat bagi masa depan saya terutama ketika saya memiliki minat dalam pembelajaran yang mendalam.

Silakan periksa sertifikasi dan lencana saya dalam pemrograman Python di sini,

Lencana

Saya juga menyusun playlist di youtube, silahkan dicek di sini.

b. Machine learning untuk python
Terus terang, saya hanya belajar metode pembelajaran mesin lainnya (Kecuali klasifikasi) setelah menerbitkan lima makalah tentang aplikasi pembelajaran mesin dalam kasus Regresi. Pengetahuan yang baik, saya yakin sangat banyak bahwa itu akan bermanfaat bagi masa depan saya. Ini gratis dan lencana dikeluarkan oleh IBM.Silakan periksa sertifikasi dan lencana saya di Machine Learning di sini,



Saya juga menyusun playlist kuliah ini di youtube, silahkan dicek di sini.

Metode yang dipelajari di sini cukup sederhana dan mudah dipahami. Banyak pengetahuan baru yang saya dapat

2. Machine learning dengan R


Logo for R, introduced in 2016 by Hadley Wickham and others at RStudio, taken from here

Begitu juga dengan Machine Learning dengan R. Sebelum benar benar masuk ke coursenya, pastikan sudah menyelesaikan dan paham tentang bahasa pemograman R. Cukup menarik dan mudah dimengerti selama Anda sudah belajar bahasa pemrograman lainnya.

Pengetahuan yang baik, saya yakin sangat banyak bahwa itu akan bermanfaat bagi masa depan saya. Terutama, sementara bahasa ini telah sangat populer untuk aplikasi pembelajaran mesin.  
Silakan periksa sertifikasi dan lencana saya dalam pemrograman R di sini, Sertifikat

Penutup
Perlu diingat bahwa artikel ini hanya untuk pembuka. Untuk detail kuliah Deep Learning, saya memilih artikel menampilkannya di artikel tersendiri.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Comments

Post a Comment

Popular Posts